Kamis, 16 Juni 2016

TIPS AND TRICK MENGIKUTI KEGIATAN PELATIHAN APLIKASI TEKNOLOGI INFORMASI




Dalam era moderen ini dan semakin berkembangannya teknologi di indonesia, bahkan di dunia. Menuntut kita agar tidak ketinggalan dengan teknologi yang ada. Kita seorang Mahasiswa sebagai ujung tombak dari perkembangan teknologi, maka harus mampu untuk menggali informasi dari berbagai sumber, salah satunya adalah internet. Agar kita mampu mengikuti perkembangan zaman ini.
 
Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi atau biasa disingkat PATI dan lebih dikenal dengan istilah Pelatihan APLINET (Pelatihan Aplikasi Internet) yang di adakan oleh Universitas Muahamadiyah Malang adalah suatu kegiatan pelatihan yang diwajibkan bagi mahasiswa baru di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan teknologi informasi, khususnya teknologi informasi yang ada di UMM. Dalam kegiatan ini akan disampaikan diantaranya adalah materi tentang :
•     Internet.  
•     Browsing.
•     Layanan teknologi informasi di UMM (seperti e-mail, blog dan e-learning), 
•    Layanan teknologi informasi secara umum (seperti search engine, online document dan hosting).
•     Microsoft office khususnya microsoft word, excel dan powerpoint.
•     Ada juga tiga Evaluasi yang harus di kerjakan sebanyak 3 kali dengan jumlah min 100 goal.

   Pelatihan berlangsung selama 6 hari berturut turut, menggunakan 10 ruang Laboraturium yang difasilitasi 25 unit PC, proyektor, jaringan LAN, AC dan tempat yang nyaman. Adapun Laboraturium yang digunakan antara lain, Lab Komputer Infokom A, B, dan C (Gedung ICT Center Lt.3), Lab Komputer Ekonomi A, B, dan C (GKB II Lt.1) , dan Lab Kompurter Informatika A, B, C dan D (GKB III, Lantai 6).

Pada kali ini saya akan berbagi tips dan trick untuk melaksanakan APLINET Ada beberapa hal yang harus kalian perhatikan  diantaranya : 
(1) Jangan lupa membawa Kartu Pelatihan Teknologi Informasi kamu selama kegiatan berlangsung. Jadi, kalian harus persiapkan kartu dan alat tulis yang dibutuhkan terlebih dahulu 
(2) Hadirlah sesuai jadwal shift yang telah ditentukan dan usahakan jangan terlambat 
(3) Berpakaianlah yang rapi dan sopan, pakailah sepatu dan jangan lupa letakkan sepatu pada tempat yang telah disediakan.
(4) Kalian harus menjaga sikap kalian selama mengikuti Pelatihan Teknologi Informasi ini. Jangan berbuat gaduh dan jagalah semua fasilitas yang ada di laboratorium computer 

(5) Jika kalian telah selesai mengikuti Pelatihan Teknologi Informasi, matikan komupter kalian masing-masing sesuai petunjuk dari instruktur. Be careful 

(6) Rapikan meja dan kursi kembali sebelum kamu meninggalkan runagan.

(7) Pastikan tidak ada barang-barangmu yang tertinggal
(8) Diusahakan mengerjakan tugas sebisa mungkin berkelompok 
(9) Mengerjakan tugas ditempat yang sinyalnya stabil 
(10)  Dan yang terakhir, janganlah menunda-nunda tugas yang telah diberikan ya guys. Segera kerjakan tugasmu agar cepat selesai dan usahakanlah untuk mengerjakannya dengan baik ya agar kalian mendapatkan nilai yang bagus.

          Dalam mengikuti APLINET  selama enam hari ini banyak pelajaran yang saya dapat, dan sangat menyenangkan namun akan sangat sibuk juga karena banyak tugas yang di beri dari kegiatan APLINET ini. Tapi dengan ini membuat saya belajar juga bagaimana membagi waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar